Profil SMP Negeri 1 Glumpang Tiga Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie

1. SEJARAH SINGKAT
SMP Negeri 1 Glumpang Tiga berdiri pada tahun 1960, pada tahun 1961 baru beroprasi, adapun pendirian SMP Negeri 1 Glumpang Tiga adalah dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. SMP Negeri 1 Glumpang Tiga merupakan SMP yang pertama didirikan di Kecamatan Glumpang Tiga. Pada penerimaan siswa baru pertama dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glumpang Tiga dan proses pembelajarannya juga dilaksanakan di SMP Negeri 1 Glumpang Tiga.
SMP Negeri 1 Glumpang Tiga didirikan dengan 1 ruang Kepala Sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang tata usaha, dan 6 ruang kegiatan belajar. Sedangkan gurunya adalah guru PNS yang baru ditempatkan di SMP Negeri 1 Glumpang Tiga.
Dengan perkembangan jumlah siswa yang mendaftar semakin lama semakin bertambah akhirnya SMP Negeri 1 Glumpang Tiga menambah ruang belajar setiap tahunnya 2 ruang belajar dan peran BP3 membangun 2 ruang belajar. Melihat tempat SMP Negeri 1 Glumpang Tiga di pinggiran perkampungan yang dulunya merupakan rawa-rawa semakin lama semakin padat penduduk yang akhirnya SMP Negeri 1 Glumpang Tiga menjadi tempat yang strategis untuk dijadikan lokasi pusat pendidikan. Dan jumlah ruang belajar sekarang menjadi 1 ruang Kepala Sekolah, 1 ruang guru, 1 ruang tata usaha, 9 ruang kegiatan belajar, dan ditambah ruang laboratorium dan ruang keterampilan serta lapangan olahraga.
Melihat perkembangan SMP Negeri 1 Glumpang Tiga sekarang ini sudah banyak perubahan yang terjadi. Sejak berdirinya SMP Negeri 1 Glumpang Tiga ini sudah banyak menamatkan siswa yang pada mulanya dulu anak-anak di daerah Glumpang Tiga banyak yang tidak bersekolah karena ketiadaan biaya. Dengan adanya SMP Negeri 1 Glumpang Tiga ini sudah membantu beban orang tua untuk menyekolahkan anaknya apa lagi kehidupan masyarakat Glumpang Tiga sebagian besar berprofesi Petani.

2. GEOGRAFIS
SMP Negeri 1 Glumpang Tiga memiliki letak yang sangat strategis karena mudah dijangkau oleh masyarakat yang berada di alamat Jalan Banda Aceh - Medan Desa Pulo Loen Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie, sehingga dapat menampung aspirasi masyarakat sekitarnya akan kebutuhan pendidikan bagi anak-anaknya.
Di sekitar SMP Negeri 1 Glumpang Tiga terdapat 1 buah SD Negeri yang merupakan input serta 1 buah SMA dan 1 buah MAS yang merupakan daya tampung bagi out put SMP Negeri 1 Glumpang Tiga. Saat ini jumlah siswa SMP Negeri 1 Glumpang Tiga pada Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 230 orang dengan rincian kelas VII sebanyak 60 orang, kelas VIII sebanyak 80 orang dan kelas IX sebanyak 90 orang serta jumlah rombel sebanyak 14 rombel.
3. DEMOGRAFIS
Masyarakat Glumpang Tiga dan sekitarnya pada umumnya merupakan masyarakat Tetap yang heterogen dan majemuk serta memiliki tingkat pendidikan bervariatif dengan tingkat pendidikan minimal SMP/SMA sederajat sehingga memiliki kepedulian yang tinggi untuk kepentingan pendidikan anak-anaknya
Hal ini dengan banyaknya animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP Negeri 1 Glumpang Tiga serta animo lulusan SMP Negeri 1 Glumpang Tiga yang ingin melanjutkan pendidikan SMA/SMK di sekolah-sekolah favorit yang ada di Beurenuen, Sigli, Banda Aceh maupun ke Luar Daerah.

4. EKONOMI
Lingkungan sekitar SMP Negeri 1 Glumpang Tiga merupakan daerah pengembangan dengan skala nasional maupun multi nasional. Pada umumnya masyarakat dilingkungan sekitar SMP Negeri 1 Glumpang Tiga bekerja sebagai petani sekitar 55 %, yang bekerja sebagai wiraswasta sekitar 30 %, yang bekerja sebagai pedagang/pengusaha sekitar 20 %, bekerja sebagai Nelayan sekitar 2 %, dan bekerja lain-lain sekitar 3 %, sehingga membuat kehidupan masyarakat Glumpang Tiga dan sekitarnya dapat setara dibidang ekonomi dibandingkan masyarakat lain di Kabupaten Pidie.

5. SOSIAL BUDAYA
Mengingat masyarakat Glumpang Tiga dan sekitarnya terdiri dari etnis yang beragam, maka kultur masyarakat sekitar SMP Negeri 1 Glumpang Tiga sangat majemuk walaupun kehidupan masyarakatnya seperti di kota besar namun masih memegang teguh nilai-nilai sosial, tradisi,  budaya dan adat istiadat setempat sehingga kehidupan sosial masyarakat masih kental dengan nilai-nilai kekeluargaan dan semangat kegotong royongan yang masih tetap diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat seharĂ­-hari.

6. KEAMANAN
Kondisi keamanan dan kenyamanan di Glumpang Tiga cukup kondusif, karena akses menuju SMP Negeri 1 Glumpang Tiga yang berada di  Jalan Banda Aceh - Medan Desa Pulo Loen Kecamatan Glumpang Tiga mudah dijangkau.

0 Response to "Profil SMP Negeri 1 Glumpang Tiga Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie"

Post a Comment